Friday, February 9, 2007

Haruskah Selalu Lelaki Yang Membayar Saat Kencan ?


Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa jika lelaki mengajak makan malam bersama pasangannya dan membayar semua hidangan makanan tersebut, sebenarnya perempuan akan melihatnya sebagai tanda bahwa ia lebih menghargai dan sangat romantis pada pasangannya. Tetapi sekelompok lelaki yang melihat hal tesebut maka akan mengatakan bahwa lelaki tersebut kurang menghargai perempuan dan kurang menghargai dirinya sendiri.

Berbicara tentang tradisi bahwa lelaki yang membayar sebagai satu bagian dari mengingat masa lalu saat hanya para lelaki yang memiliki pekerjaan sementara para perempuan tidak. Penelitian terbaru menyatakan bahwa hal-hal lain seperti menarik kursi, memegang pintu, menawarkan untuk mengenakan jaket, masih dilihat sebagai hal yang positif baik bagi perempuan maupun para lelaki.

Kaum perempuan cenderung lebih menilai tinggi pada lelaki jika ia yang membayar, memberi tanda si lelaki sebagai orang yang baik, terhormat, sopan dan seorang yang 'gentleman'. Sementara reaksi dari lelaki lebih negatif dan bertolak belakang dari apa yang dipikirkan oleh perempuan.

Tetapi teorinya adalah lelaki yang (biasanya) berinisiatif", mereka mungkin memiliki beberapa insight mengenai motivasi yang ada dibalik tindakan membayar ini. Mungkin mereka melihat perilaku ini sebagai hal yang sedikit lebih strategis.

Namun penelitian ini sangatlah kecil untuk bisa mengambil kesimpulan bahwa para perempuan adalah orang yang naif dan lelakia adalah orang yang sinis saat harus membayar bon. Namun penelitian ini menyatakan bahwa perbedaan dalam hal membayar ini bagi perempuan bisa jadi 'pedang bermata dua'.

Pesan yang tertangkap bahwa hal ini bisa berarti baik dan juga buruk. Tindakan 'ksatria' seperti ini berhubungan dengan kedua stereotipe bahwa perempuan lebih berharga daripada lelaki tapi juga bahwa perempuan kurang kompeten dan kuat dibandingkan lelaki. Sehingga membutuhkan bantuan lelaki baik dalam hal finansial maupun beberapa hal lainnya. Bagaimana menurut kaum lelaki ? Apakah benar hal ini semua ?

Sumber : http://www.perempuan.com/index.php?ar_id=5755

No comments: